Rabu, 12 Desember 2012

AYOO GOO GREEN!!!!

Pemanasan global tidak dapat kita pungkiri mempengaruhi seluruh kehidupan kita. Mulai dari bencana yang sering terjadi (banjir tahunan, longsor, dsb), iklim yang tak menentu yang menyebabkan para petani gagal panen, dan masih banyak lagi dampak yang memperburuk kualitas kehidupan manusia. Keadaan bumi semakin lama semakin memburuk, apakah yang bisa kita lakukan untuk menanggulanginya? Apakah kita tega terhadap anak cucu kita yang harus menanggung dampak dari perbuatan kita?
Tentu saja kita tidak boleh tinggal diam. Menanggulangi pemanasan global memang bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang besar yang harus dilakukan untuk menanggulanginya seperti penanaman hutan dengan jumlah yang besar. Tetapi, tentu hal sesederhana apapun yang kita lakukan dengan niat untuk menanggulangi pemanasan global sangat berpengaruh.
Salah satu hal yang dapat kita lakukan demi menanggulangi pemanasan global adalah dengan merubah pola hidup kita menjadi pola hidup yang ramah lingkungan. Pola hidup yang ramah lingkungan bisa diwujudkan dengan mengurangi produksi gas rumah kaca dari alat transportasi, menghemat listrik, menghemat air, mendesain rumah dengan desain bangunan hijau, memperhatikan produk-produk yang kita akan beli, dan mengurangi sampah yang kita buang. Yang terakhir adalah kita ikut menanam pohon supaya gas rumah kaca terserap oleh pohon-pohon tersebut. (Semua hal di atas akan dijelaskan masing-masing dalam artikel yang lain.)
Memang kesannya merubah pola hidup adalah hal yang menyengsarakan dan jauh dari kenyamanan. Seperti harus berpanas-panasan tanpa ac, lelah karena naik sepeda ke kantor, atau yang lainnya. Memang benar hal-hal tersebut menggeser kenyamanan kita, tetapi jika kita peduli terhadap lingkungan dan generasi yang akan datang, kita bisa melakukannya, dan tentunya dengan kekereativitasan kita, kita bisa ramah lingkungan dengan cara yang menyenangkan dan menyehatkan. Jadi tunggu apa lagi? Mari kita bertindak selagi kita bisa!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar